headlines

    00:31 AM Pe

sponsor

sponsor

Slider

    Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

    Recent Tube

      Business

        Technology

          Life & style

            Games

              Sports

                Fashion

                  » »Unlabelled » Apa itu Pneumatik?
                  Anonymous

                  Heiii bro kembali berjumpa lagi di blog gue yang sederhana ini.Sekarang gue bakal sedikit ngasih tau apa sih pneumatik itu?Langsung aja kita intip bareng-bareng :)

                  Bagian Pneumatik
                  Pneumatik adalah sebuah sistem penggerak yang menggunakan tekanan udara sebagai tenaga penggeraknya.Dalam pneumatik tekanan udara inilah yang berfungsi untuk menggerakkan sebuah cylinder kerja. Cylinder kerja inilah yang nantinya mengubah tenaga/tekanan udara tersebut menjadi tenaga mekanik (gerakan maju mundur pada cylinder).Sistem pneumatik ini biasa diaplikasikan pada mesin – mesin industri.
                  Dikarenakan kurangnya daya/kekuatan mekanik dari pneumatik. Maka pneumatik ini hanya bisa diaplikasikan pada mesin – mesin yang tidak terlalu membutuhkan tenaga mekanik yang kuat (mesin-mesin bertenaga ringan) dalam pengoperasiannya.
                  Kelebihan pada sistem pneumatik:                                    
                  ·         Ramah lingkungan / bersih (jika terjadi kebocoran dalam sistem perpipaan).
                  ·         Udara sebagai tenaga penggerak memiliki jumlah yang tak terbatas
                  ·         Lebih cepat dan responsif jika dibandingkan dengan hidrolik
                  ·         Harganya yang murah
                  Kekurangan pada sistem pneumatik:
                  ·         Daya mekanik yang dihasilkan kecil
                  ·         Membutuhkan perawatan yang lebih tinggi, karena udara sebagai penggeraknya biasanya kotor dan mengandung air sehingga gesekan antara piston cylinder dan rumah cylinder besar dan mempercepat kerusakan pada air cylinder.

                  Cara Kerja Pneumatik



                  Cara kerja sistem pneumatik
                  Udara disedot oleh kompresor dan disimpan pada reservoir air ( tabung udara) hingga mencapai tekanan kira-kira sekitar 6 – 9 bar. Kenapa harus 6 – 9 bar?? Karena bila tekanan hanya dibawah 6 bar akan menurunkan daya mekanik dari cylinder kerja pneumatik dan sedangkan bila bertekanan diatas 9 bar akan berbahaya pada sistem perpipaan atau kompresor. Baca berapa standar tekanan maksimal yang terdapat pada nameplate reservoir air dari kompresor. Selanjutnya udara bertekanan itu disalurkan ke sirkuit dari pneumatik dengan pertama kali harus melewati air dryer (pengering udara) untuk menghilangkan kandungan air pada udara. Dan dilanjutkan menuju ke katup udara (shut up valve), regulator, selenoid valve dan menuju ke cylinder kerja. gerakan air cylinder ini tergantung dari selenoid. Bila selenoid valve menyalurkan udara bertekanan menuju ke inlet dari air cylinder maka piston akan bergerak maju sedangkan bila selenoid valve menyalurkan udara bertekanan menuju ke outlet dari air cylinder maka piston akan bergerak mundur. Jadi dari selenoid valve inilah penggunaan aplikasi pneumatik bisa juga di kombinasikan dengan elektrik, seperti PLC ataupun rangkaian kontrol listrik lainnya. Sehingga mempermudah dalam pengaplikasiannya.

                  Sekian dulu yang bisa gue sampaikan,sampai jumpa di artikel gue mendatang.kalo mau tanya-tanya langsung aja hubungi di official akun dibawah ini yaa breee....:)

                  official account = Facebook : Sony Chandra Adhi Wibowo
                                             Twitter : @adhie_scania
                                             Instagram : @chandraadhi136

                  «
                  Next
                  Pneumatik dalam Industri
                  »
                  Previous
                  Apa itu Mekatronika?

                  Tidak ada komentar:

                  Leave a Reply